Cara Mencegah Osteoporosis


Cara Mencegah Osteoporosis - Osteoporosis atau tulang kropos merupakan penyakit tulang yang biasanya dialami oleh orang lanjut usia. Berikut adalah beberapa tips yang dapat kita ikuti agar dimasa tua kita tidak terkena osteoporosis. 

Beberapa tips untuk mencegah osteoporosis

Cara termudah untuk mencegah osteoporosis adalah dengan menjadi aktif dan tetap bugar. Adapun cara-cara pencegahan lainnya yang bisa anda terapkan adalah sebagai berikut :

1. Kontrol berat badan

Obesitas sering dikaitkan dengan osteoporosis. Mengontrol berat badan agar tetap normal adalah hal yang sebaiknya anda lakukan sehingga tulang anda tidak mengalami terlalu banyak tekanan yang pada akhirnya dapat mencegah terjadinya osteoporosis.

2. Penuhi kebutuhan kalsium

Salah satu penyebab terjadinya osteoporosis adalah kurangnya asupan kalsium. Wanita memiliki kecenderungan kehilangan kalsium dari tubuh mereka dengan mudah, sehingga mereka diharapkan untuk selalu memenuhi kebutuhan kalsiumnya dengan mengonsumsi susu, produk susu, bayam, brokoli, makanan laut, dan sebagainya.

3. Jangan abaikan nyeri tulang

Osteoporosis terjadi karena kepadatan tulang yang berkurang, membuat tulang menjadi hancur atau kolaps. Hal ini biasanya akan menimbulkan nyeri tulang pada tubuh dan bahkan kelainan bentuk. Oleh karena itu, apabila anda merasakan sesuatu yang aneh pada tulang di bagian tubuh anda seperti terasa nyeri, segeralah kunjungi dokter.

4. Jangan melakukan diet ekstrim

Menurunkan berat badan dengan melakukan diet yang sangat ekstrim adalah salah satu hal terburuk yang anda lakukan bagi tubuh anda. Melakukan diet ekstrim berisiko membuat tubuh anda kehilangan nutrisi yang penting bagi tubuh, salah satunya adalah kalsium.

5. Olahraga teratur

Berolahraga secara rutin dapat menjaga kesehatan tulang anda. Pisau yang tidak pernah diasah bisa menjadi tumpul. Hal ini juga berlaku bagi tulang anda.

6. Konsumsi suplemen kalsium setelah menopause

Pasca-menopause, hormon estrogen pada wanita akan berkurang sebagian besarnya. Oleh sebab itu, para wanita dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen kalsium segera setelah berhenti menstruasi.

7. Penuhi kebutuhan vitamin D

Tanpa vitamin D, tubuh anda tidak dapat memproses kalsium. Maka dari itu, penuhilah kebutuhan vitamin D setiap harinya dengan mengonsumsi suplemen atau dengan ‘membiarkan’ tubuh anda untuk terkena sinar matahari beberapa menit saja di pagi 

0 komentar:

Poskan Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *